Rekomendasi Tempat Wisata di Pangkalan Bun Terpopuler

Posted on

Pangkalan Bun merupakan ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Manis (Minat Aman Nikmat Indah Segar) ini menyimpan banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Tiap tempat wisata di Pangkalan Bun pun memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Maka dari itu, pastikan anda sambangi Pangkalan Bun ketika berada di Kalimantan Tengah.

Tempat Wisata di Pangkalan Bun

Berikut kami bagikan beberapa tempat wisata Pangkalan Bun yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat saat musim liburan nanti tiba.

Agrowisata Desa Kumpai Batu Atas

Anda bisa menemukan berbagai agrowisata di Desa Kumpai Batu Atas yang terletak di Kecamatan Arut Selatan. Adapun salah satunya ialah agrowisata kopi. Di Desa Kumpai Batu Atas ini, anda bisa melihat perkebunan kopi milik warga desa sampai belajar mengolah biji kopi. Selain itu, anda juga bisa mencoba berkunjung ke kebun jeruk milik warga. Bahkan anda bisa memetik sendiri buah jeruk yang ada di kebun.

Taman Nasional Tanjung Puting

Anda belum ke Pangkalan Bun apabila belum menginjakkan kaki di tempat wisata yang satu ini. Taman nasional yang memiliki luas lebih dari 400,000 hektar ini adalah tempat konservasi orangutan Kalimantan. Tak hanya orangutan saja, anda juga bisa melihat berbagai jenis primata seperti halnya monyet ekor panjang, berbagai jenis burung, bekantan, sampai buaya di habitat aslinya. Dijamin anda tidak akan menyesal.

Untuk menuju tempat wisata di Pangkalan Bun ini, anda harus melalui Kecamatan Kumai yang adalah pintu masuk destinasi wisata ini. Dari Kumai, anda akan menaiki kelotok (kapal) wisata menyeberangi Sungai Sekonyer dalam waktu sekitar 4 jam. Satu buah kelotok dapat memuat 25-50 orang. Apabila enggan menyewa kelotok sendiri, anda bisa mengikuti open trip dari beragam penyedia jasa tour. Adapun harganya mulai dari 165,000 IDR per pax.

Istana Mangkubumi

Tidak jauh dari lokasi Istana Kuning, ada juga Istana Mangkubumi. Istana Adipati Mangkubumi dikabarkan dibangun di tahun 1850. Sebenarnya istana ini adalah rumah warisan Ratu Kuning atau yang juga dikenal sebagai Ratu Adipati Mangkubumi I dari Pangeran Ratu Anum Kesumayud (orangtuanya). Saat mengunjungi wisata ini, anda bisa melihat bangunan berkonsep tradisional, dimana peninggalan Kerajaan Kutaringin. Anda bisa sekedar berfoto sekaligus mendengarkan cerita sejarah dari para pemandu wisata.

Pantai Kubu

Dinamakan Pantai Kubu karena memang berada di Desa Kubu. Pantai ini menjadi pintu gerbang Tanjung Keluang. Walau demikian, bukan berarti wisata ini bisa anda lewatkan begitu saja. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai nelayan. Dengan begitu, sudah pasti harga seafood di sini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan seafood yang ada di pasar tradisional. Mau beli seafood yang masih segar atau yang telah diolah dengan berbagai resep, semua bisa anda jumpai di tempat wisata ini. Tak hanya itu, Pantai kubu juga begitu indah dinikmati ketika matahari terbit. Kawasan wisatanya yang menghadap ke timur, membuat siapa saja merasa jatuh cinta dengan keanggunan matahari terbitnya.

Kampung Pelangi

Tempat wisata di Pangkalan Bun lainnya ialah Kampung Pelangi. Jika anda suka berfoto ria, Kampung Pelangi ini bisa menjadi pilihan. Kampung Pelangi ini ada di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Pastikan anda mengunjungi tempat wisata hits Kampung Pelangi ini saat berada di Pangkalan Bun.