Keindahan Eksotis Pulau Biawak Indramayu Yang Mempesona

Posted on

Kabupaten Indramayu merupakan kota yang memiliki keindahan pulau yang sangat mempesona. Keindahan pulau ini tak kalah dengan keindahan berbagai pulau lainnya. Pulau ini merupakan tempat habitat beratus-ratus biawak yang memiliki pemandangan yang indah. Sehingga wisata ini diberi nama Pulau Biawak Indramayu.

Pulau Biawak Indramayu, Pulau Habitat yang Eksotis

Kabupaten Indramayu memiliki pulau yang sangat menarik dan terkenal yaitu Pulau Biawak. Keindahan pulau ini memang tak diragukan lagi. Pulau ini merupakan tempat habitat berbagai biawak dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Terumbu karang dan berbagai macam ikan yang berwarna-warni sangat mendukung untuk kegiatan snorkeling maupun diving. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang mengunjungi pulau ini.

Keindahan pulau ini memang sangat terjaga sehingga banyak wisatawan yang penasaran ingin mengunjungi pulau ini dan menjelajahi pesona alamnya. Tidak kurang dari ratusan orang yang rela mengantri untuk menyebrangi semenanjung Indramayu agar dapat sampai ke pulau Biawak. Hal ini bukan karena tidak boleh menyebrang, namun hal ini karena masih minimnya alat penyebrangan.

Keindahan Pulau Biawak Indramayu

Sebelumnya nama Pulau Biawak adalah Pulau Rakit. Namun karena terdapat banyak biawak yang ada di pulau ini, maka lebih dikenal dengan nama Pulau Biawak. Satwa biawak ini tergolong sangat unik karena hidup di dalam air asin dan anda dapat menjumpai di semak-semak hutau bakau pulau ini.

Ketika menjelang matahari terbenam, puluhan satwa biawak yang memiliki panjang 20 cm ini berenang ditepi pantai. Biasanya mereka berburu ikan sebagai makanannya. Walaupun biawak merupakan satwa liar, namun tidak menyerang kecuali jika ada manusia yang mengganggunya.

Selain itu pulau ini memiliki berbagai pohon pinus ditengah pulau yang merupakan tempat berkumpulnya berbagai burung. Di pinggir pantai terdapat pembudidayaan laur dan penangkaran biota laut.

Air laut yang ada di Pulau ini begitu bening, sehingga wisatawan dapat melihat dasar laut. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang eksotis dengan berbagai biota laut. Selain itu gugusan terumbu karang yang masih utuh terlihat sangat indah. Di pulau ini sangat mendukung untuk kegiatan snorkelung maupun diving.

Tak hanya itu, di tengah pulau juga terdapat mercusuar yang hingga sekarang digunakan sebagai navigasi kapal-kapal. Mercusuar ini memiliki tinggi hingga 65 meter dengan 16 lantai yang berdiri tegak. Ketika anda berada di puncak mercusuar, anda dapat melihat keindahan Pulau Biawak diatas ketinggian. Selain itu anda juga dapat melihat matahari yang mempesona di puncak mercusuar. Di lengkapi dengan pemandangan hutan pinus dan bakau dibeberapa sudut pulau ini.

Hunting Foto di Pulau Biawak

Spot terbaik dan menarik di wisata ini adalah di puncak mercusuar. Dari sini anda dapat melihat seluruh keindahan Pulau Biawak. Selain itu, pemandangan sunset dan sunrice pun tak kalah menakjubkannya yang sayang jika tidak diabadikan dengan jempretan kamera.

Fasilitas di Pulau Biawak

Pulau ini memiliki fasilitas yang masih minim karena belum tersentuh oleh pengelolaan wisata yang terpadu. Di pulau ini hanya terdapat home stay yang dapat dijadikan penginapan untuk pengunjung. Selain itu di beberapa sudut pantai terdapat warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pulau Biawak

Di wisata Pulau Biawak ini terdapat jadwal khusus untuk pengunjung yang membutuhkan pemandu. Pulau Biawak buka setiap hari untuk umum. Untuk harga tiket masuknya berdasarkan dari vendor wisata sebesar Rp 250.000-Rp 500.000/orang.

Demikian destinasi wisata di Jawa Barat. Semoga informasi ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk liburanmu.