Curug Bidadari Maribaya, Wisata Air Terjun Di Lembang Jawa Barat

Posted on

Curug Bidadari Maribaya merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Lembang, Jawa Barat. Wisata ini merupakan salah satu destinasi favorite oleh para wisatawan yang sedang menghabiskan waktu untuk liburan.

Sejarah Curug Bidadari Maribaya

Kawasan Maribaya dulunya merupakan sebuah tempat yang sangat populer bagi masyarakat bandung dan sekitarnya. Kepopulerannya ini karena Maribaya terkenal dengan pemandian air panasnya.

Wisata Curug Maribayan ini dikenal sebagai salah satu eksotisme wisata alam yang masih asri dan alami yang berada di bandung. Wisata Maribaya ini masih masuk di dalam kawasan areal Taman Hutan Raya Juanda.

Dulunya kawasan alam Maribaya ini merupakan sebuah tempat yang hanya dibiarkan seadanya. Kawasan ini dulunya juga pernah ditutup karena adanya renovasi pada tahun 2015 yang lalu. Setelah renovasi selesai dan dibuka kembali untuk umum, maka kawasan ini berubah menjadi lebih terawat dan cantik. Dengan berbagai konsep wisata dan tata pengelolaan yang baru. Maka sekarang ini hadirlah di kawasan ini yaitu Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Legenda Curug Bidadari Maribaya Lembang

Asal usul dari Maribaya ini berasal dari nama seorang perempuan yang sangat cantik, sehingga menjadi sumber rebutan para lelaki.

Karena terpesona oleh parasnya yang cantik itu, sering terjadi keributan yang melibatkan antar pemuda di kampungnya. Maribaya merupakan gadis yang berasal dari keluarga yang sederhana. Karena khawatir akan terjadi hal buruk maka ayahnya pergi untuk bersemedi di hutan. Tujuannya meminta petunjuk serta keberkahan untuk keluarganya agar berkecukupan. Namun usahanya pun tidak sia-sia, ia mendapat petunjuk dan kembali ke kampung untuk mengolah pemandian air panas disana.

Sejak dikembangkan oleh ayah Maribaya, tempat pemandian ini berhasil mengubah hidupnya yang tadinya miskin hingga menjadi kaya. Banya orang yang berkunjung ke tempat pemandian tersebut. Mereka tidak hanya berkunjung melainkan untuk berobat dengan berendam air hangat di pemandian tersebut.

Keindahan Curug Bidadari Maribaya

Curug Maribaya sendiri mempunyai ketinggian air terjun hingga kurang lebih 15 meter. Sumber air di curug tersebut sangat jernih yang berasal dari 2 aliran yaitu sungai di Bandung dan Cigulung serta Cikawari. Hempasan air yang berasal dari ketinggian 15 meter menimbulkan buih putih dikolam dan menciptakan air yang lembut.

Harga Tiket Masuk Kolam Rendam Air Panas Maribaya

  • Harga Tiket Masuk : Rp 35.000/Orang
  • Deluxe Pool : Rp 75.000/Orang
  • Vip Pool : Rp 150.000/Orang
  • Foot Spa : Rp 30.000/Orang
  • Kamar Berendam Private Tirta Raga : Rp 90.000/Orang

Buka setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB.

Lokasi Curug Bidadari Maribaya

Curug Maribaya berada di kampung Cikondang, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Jawa Barat.