Wisata Kali Biru di Kulon Progo Yang Mempesona

Posted on

Wisata Kalibiru merupakan wisata yang saat ini mendadak populer karena mempunyai satu spot foto yang unik, yaitu berfoto di atas pohon pinus. Spot foto unik ini mempunyai spot yang begitu istimewa karena pemandangan yang cukup melatarinya pun istimewa, dan begitu liuk indah Waduk Sermo dibingkai Perbukitan Menoreh sehingga dapatĀ  memanjakan mata. Keadaan di pagi haripun dan senja pun tak luput dari incaran dari pengunjung.

Saat pagi hari, Kalibiru mempunyai cahaya keemasan yang berpadu dengan kabut yang menggelayuti Perbukitan Menoreh akan memompa semangat kita. Sedangkan juga, suasana senja dapat mengubah warna langit dan waduk menjadi kuning keemasan yang indah dipandang mata. Untuk dapat menikmati indahnya kalibiru di Desa Wisata Kalibiru ini sangat mudah dan terjangkau, namun butuh berhati-hati. Sebaiknya kita membawa kendaraan yang kondisinya prima sehingga berbagai jenis tanjakan demi tanjakan dapat dengan mudah kita lalui. Lihat alamat dan peta lokasinya di Kalibiru.

Fasilitas Wisata Kalibiru

Di Kalibiru ini juga terdapat fasilitas seperti gardu pandang yang dapat kita capai dengan treking menyusuri di setiap jalan setapak yang telah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat yang berada disana dengan pemandangan utama dapat menghadap Waduk Sermo. Di pagi hari para wisatawan dapat menyaksikan Sermo yang diselimuti kabut, sedangkan saat senja datang pemandangan sunset pada mentari yang mulai terbenam di ufuk barat akan menjadi penutup hari yang sempurna oleh para wisatawan yang berada disana.

Lokasi dan Akses

Hutan Wisata Kalibiru berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Jarak hutan Kalibiru dari Yogyakarta sekitar 40 km. Yang berlokasi tidak teramat jauh dari obyek wisata Waduk Sermo. Rute yang dilewati menuju Kalibiru cukup menanjak, jadi kita disarankan agar untuk menggunakan kendaraan ber-cc yang cukup besar. Untuk para wisatawan yang ingin menikmati pesona keindahan dan keheningan alam yang berada di Kalibiru ini cukup membayar bea masuk dengan harga yang relatif yaitu sebesar Rp 3.000 per orang. Sedangkan ketika kita parkir maka tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Daya Tarik Wisata Kali Biru

Wisata Kalibiru berada di ketinggian sekitar 450mdpl dan wisata ini mempunyai berbagai keindahan panorama alam yang sangat indah. Pemandangan alam dan harmoni bukit yang cukup luas menjadikan wisata ini semakin diminati oleh pengunjung dari berbagai tempat. Jika anda datang ke Tidak hanya flying fox anda juga bisa menginap dan merasakan suasana malam di perbukitan kali biru ini, anda juga bisa menginap disini. Disini juga terdapat pondok penginapan yang dapat menampung kurang lebih hingga belasan pengunjung. Harga setiap cottag berkisar kurang lebih antara Rp. 120-125 ribu sedangkan untuk pendopo bersikar antara Rp. 150 ribu.desa wisata Kalibiru, anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang menarik seperti outbond, sepedaan, wisata pendidikan, wisata budaya, wisata keluarga, dan juga treking. Yang menarik dari tempat wisata kalibiru dari tempat ini ialah karena terdapat berbagai permainan-permainan yang sangat menarik yang ditawarkan sperti flying fox maupun gardu pandang.

Bagi yang ingin menaiki adrenalin dengan flying fox, para pengelola wisata Kalibiru menyediakan jalur Flying fox dengan dua pilihan yaitu dengan ketinggian 50 meter dan 85 meter. satu kali kita meluncur harga tiket sekitar Rp. 10 ribu untuk pengunjung dewasa, dan harga Rp. 5 ribu untuk pengunjung anak-anak. Sarana flying fox, saat ini baru bisa dibuka setiap hari Minggu jam 08.00-16.00 WIB.