Wisata Bukit Pengilon, Spot Camping Terbaik di Gunungkidul

Posted on

Datang ke Kota Jogja akan terasa lebih menyenangkan apabila anda mengunjungi berbagai tempat wisatanya. Adapun salah satu tempat wisata di Jogja yang sangat pas untuk mengisi waktu liburan anda ialah Bukit Pengilon. Wisata Bukit Pengilon ini berada di Gunungkidul, Jogja. Gunungkidul memang terkenal sebagai kawasan yang kaya akan destinasi wisata. Bukit Pengilon Gunungkidul ini menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda dengan deretan tempat wisata di Gunungkidul lainnya.

Dengan mengunjungi Bukit Pengilon, anda juga bisa merasakan sensasi wisata Pantai Pengilon. Pasalnya, kawasan wisata Bukit Pengilon ini berhadapan langsung dengan Pantai Pengilon. Dengan begitu, anda bisa melihat keindahan alam dua wisata sekaligus. Anda bisa mengabadikan moment liburan ke Bukit Pengilon dengan berfoto selfie ataupun sekedar bersantai. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan mengenai wisata Bukit Pengilon berikut ini.

Wisata Bukit Pengilon

Untuk anda yang suka camping, anda bisa coba camping di Bukit Pengilon. Tempatnya yang hijau asri dengan pemandangan lautan biru menjadikan Bukit Pengilon sebagai salah satu spot kemah terbaik di Gunungkidul. Wisata Bukit Pengilon ini berada tak jauh dari lokasi Pantai Wedi Ombo. Tak hanya musim liburan saja, Bukit Pengilon juga dipadati wisatawan pada akhir pekan dan hari-hari biasa.

Perbukitan yang luas seperti padang rumput dijamin mampu memanjakan mata anda. Penamaan Bukit Pengilon ini didapat dari batu yang menyerupai pengilon atau cermin (bahasa Indonesia). Perpaduan antara nuansa bukit dan laut di tempat wisata ini sangat mempesona. Meski medan jalan menuju ke Bukit Pengilon terbilang sulit dilalui, namun semua rasa lelah akan hilang setelah tiba di wisata ini.

Lokasi dan Rute Bukit Pengilon

Secara administratif, Bukit Pengilon berada di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk anda yang ingin mengunjungi Bukit Pengilon, anda bisa ikuti jalur Pantai Siung. Lanjutkan perjalanan ke arah timur. Anda berjalan sekitar 1 km dari Pantai Siung hingga menemukan papan petunjuk arah menuju kawasan Bukit Pengilon. Kawasan Bukit Pengilon ini menjadi perbatasan antara Kecamatan Girisubo dengan Kecamatan Tepus.

Sarana transportasi yang bisa anda pakai untuk berwisata ke Bukit Pengilon itu sendiri ialah mobil atau motor pribadi. Menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih menyenangkan jika dibandingkan memakai kendaraan umum. Namun, apabila anda memilih menggunakan kendaraan umum, anda bisa berhenti di terminal bus Kota Gunungkidul. Setelah itu, anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Desa Balong. Kemudian berjalan kaki hingga tiba di lokasi wisata Bukit Pengilon.

Fasilitas Bukit Pengilon

Sebagai tempat wisata yang masih terbilang baru, Bukit Pengilon memiliki beberapa fasilitas minim. Fasilitas yang akan anda temui di kawasan wisata Bukit Pengilon ini, diantaranya yaitu area parkir kendaraan, tempat istirahat, dan area camping. Untuk anda yang berencana ingin camping di Bukit Pengilon, anda harus menyiapkan semua peralatannya sendiri di rumah. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan kesehatan, seperti antiseptik. Siapkan fisik dan kendaraan anda agar liburan anda berjalan lancar.

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon

Pihak pengelola tempat wisata Bukit Pengilon memberlakukan tarif tiket masuk terjangkau, yakni sebesar Rp. 5.000 per orang. Sementara untuk parkirnya, anda dikenai tarif Rp. 2.000 per sepeda motor, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tarif yang diberlakukan tersebut terbilang sangat terjangkau untuk bisa menikmati view Bukit Pengilon yang luar biasa.