Lokasi Umbul Ponggok, Sensasi Wisata Seru Snorkeling di Air Tawar

Posted on

Berwisata ke berbagai tempat menarik menjadi solusi terbaik untuk melepas penat dengan rutinitas sehari-hari. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, anda bisa berwisata di dalam negeri. Indonesia menawarkan berbagai destinasi wisata yang sayang jika tak dikunjungi, salah satunya ialah Umbul Ponggok. Untuk anda yang suka dengan wisata air, Umbul Ponggok ini adalah pilihan paling tepat. Terlebih lagi, lokasi Umbul Ponggok terbilang mudah untuk dicapai, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Nama destinasi wisata ini terdiri dari dua kata, yakni Umbul yang berarti mata air, serta Ponggok yang merupakan nama sebuah desa. Dengan begitu, wisata ini dapat diartikan secara langsung sebagai mata air yang ada di desa Ponggok. Wisata menarik yang satu ini menawarkan keindahan alam yang khas dengan air yang begitu jernih. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi Umbul Ponggok, anda perlu mengetahui lokasi Umbul Ponggok dan info menarik lain tentangnya berikut ini.

Lokasi Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok ini berada di jalan Ponggok – Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata Umbul Ponggok ini berupa mata air yang memang dijadikan sebagai kolam besar. Kolam ini bisa dijadikan tempat untuk snorkeling, berenang, maupun diving. Dengan mengunjungi wisata ini, anda bisa melakukan banyak hal. Pasalnya, Umbul Ponggok menyediakan tempat penyewaan alat, seperti snorkel, pelampung, dan kaki katak. Nantinya anda bisa melihat keindahan ikan air tawar yang ada di dalam air.

Rute Menuju Umbul Ponggok

Ada banyak rute menuju Umbul Ponggok yang bisa anda pilih. Rute yang pertama dari arah utara (Boyolali, Semarang, Salatiga). Dari arah tersebut, anda langsung saja menuju klaten melalui jatinom. Sesudah tiba di pasar jatinom, anda ambil arah saja menuju ke terminal penggung. Sebelum tiba di terminal, anda akan lihat Markas Koramil yang ada di kanan jalan di dekat pertigaan. Tiba di Koramil, anda ambil kiri dan ikuti saja jalannya hingga Umbul Ponggok terlihat.

Rute yang kedua dari arah timur (Solo). Untuk anda yang datang dari arah Solo, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Magetan atau Ngawi, anda bisa melalui jalan raya Solo-Yogyakarta. Setelah anda melewati Delanggau, anda berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten di sebelah kiri jalan. Terminal ini ada di persimpangan lampu bangjo yang menuju ke Desa Ponggok. Kemudian ambil arah ke kanan serta ikuti jalan sampai bertemu dengan Markas Koramil di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan ini, anda ambil arah kanan dan ikuti jalannya sampai tiba di Umbul Ponggok.

Lain halnya dengan rute dari arah barat (Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, Kebumen), lalui saja jalan raya Yogyakarta-Solo. Tiba di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, anda lurus saja hingga menuju GOR Gelarsena Klaten. Saat tiba di GOR, anda ambil kiri ke Jatinom atau Polanharjo hingga bertemu persimpangan dekat Markas Koramil di sebelah kiri jalan. Ikuti saja jalan sampai tiba di Umbul Ponggok.

Fasilitas dan Harga Tiket Umbul Ponggok

Umbul Ponggok menawarkan fasilitas sewa masker atau snorkel dengan tarif Rp. 10.000, pelampung Rp. 5.000, kaki katak Rp. 5.000, dan kamera underwater setengah jam/satu jam sebesar Rp. 60.000/100.000. Untuk tiket masuknya, anda hanya akan dikenai tarif sebesar Rp. 5.000. Jam operasional Umbul Ponggok dibuka setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk pemotretan, disarankan tiba di jam 07.00-09.00 WIB atau 14.00-16.00 supaya hasilnya lebih jernih dan bagus.