Lokasi Telaga Sarangan, Wisata Hits di Kaki Gunung Lawu

Posted on

Sejak sering dipakai dalam lirik lagu, wisata Telaga Sarangan jadi banyak dicari. Telaga Sarangan ini pun menjadi salah satu destinasi wisata yang kian banyak dipadati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lokasi Telaga Sarangan yang mudah dilalui menjadi alasan lain banyaknya wisatawan yang mau mengunjunginya. Ketika mengunjungi wisata ini, anda akan menjumpai telaga luas yang dikelilingi pegunungan hijau Sidoramping.

Lokasi Telaga Sarangan ini berada di sekitar Gunung Lawu pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Maka jangan heran jika udara di tempat wisata ini begitu sejuk. Disamping itu, wisata Telaga Sarangan ini telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari fasilitas sepeda air hingga delman bisa anda temukan. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi Telaga Sarangan, anda baca dulu lokasi dan info tentangnya berikut ini.

Lokasi Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan berlokasi di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Ada dua rute yang bisa anda tempuh untuk menuju ke tempat wisata Telaga Sarangan ini. Kedua rute tersebut yaitu dari arah timur (arah kota Magetan), serta dari barat (dari Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah). Apabila anda berangkat dari kota Magetan, anda akan menempuh perjalanan sekitar 16 km. Sementara dari arah Tawangmangu, wisata Telaga Sarangan ini berjarak sekitar 6 km melalui daerah Cemoro Sewu.

Ketika mengunjungi wisata ini, anda akan dihadapkan dengan pemandangan pegunungan dan hamparan pohon pinus yang sangat indah. Dekat dengan wisata Telaga Sarangan, anda akan menemukan pintu masuk menuju air terjun. Ada tiga air terjun di tempat ini, yaitu Pundak Kiwo, Watu Ondo, dan Jarakan. Selain air terjun, anda juga akan menemukan bekas pesawat yang dijadikan sebagai monumen. Monumen tersebut digunakan untuk mengingat peristiwa sejarah di Kota Madiun serta Kabupaten Sarangan dimana ada Pangkalan Utama AURI di dekat pintu masuk wisatanya.

Fasilitas Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan liburan anda yang mengasyikan. Adapun fasilitas yang ditawarkan tempat wisata Telaga Sarangan diantaranya yaitu perahu air, speed boat, becak air, penginapan, tempat ibadah, rumah makan, dan restoran. Di tempat wisata ini, anda juga bisa berburu oleh-oleh karena terdapat pasar cinderamata yang berjajar di sekitarnya. Untuk wisata kulinernya, anda wajib coba menu masakan sate kelinci, lontong, dan juga pecel khas kaki Gunung Lawu ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Untuk wisatawan yang ingin memasuki tempat wisata Telaga Sarangan hanya akan dikenakan tarif Rp. 10.000 per orang. Sementara untuk kendaraannya, tiket sepeda motor sebesar Rp. 2.500, tiket mobil Rp. 5.000, dan tiket bus atau truk Rp. 10.000. Lain halnya untuk tarif parkir, parkir sepeda motor Rp. 2.000, parkir mobil Rp. 5.000, dan parkir bus atau truk Rp. 10.000. Untuk anda yang ingin menikmati fasilitas naik kuda, anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 50.000 per putarannya. Harga tersebut juga sama untuk anda yang ingin naik speed boat.

Dengan latar belakang pegunungan dan hutan pinus yang indah, sangat pas untuk dijadikan sebagai ajang berfoto selfie. Selain itu, anda juga bisa abadikan moment liburan di Telaga Sarangan bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja anda. Tak hanya berfoto-foto, anda juga bisa menyalurkan hobi memancing ikan di wisata Telaga Sarangan ini. Telaga dengan kedalaman 28 meter dan luas 30 hektar memang sangat cocok menjadi tempat rekreasi pelepas penat.