Wisata Kuliner Nasi Kandar Kampung Melayu Penang

Posted on

Bagi anda yang menyukai kuliner Malaysia, tentu sudah tak asing lagi dengan masakan nasi kandar. Menu masakan yang satu ini memang termasuk salah satu makanan khas negara jiran Malaysia. Saat anda berkunjung ke Malaysia pasti anda akan dengan mudah menemukan berbagai tempat kuliner yang menyajikan nasi kandar tersebut. Nah, salah satu tempat kuliner tersebut ialah Nasi Kandar Kampung Melayu. Sejak awal beroperasi, resto Nasi Kandar Kampung Melayu ini selalu ramai pengunjung.

Ketika anda merencanakan liburan ke Malaysia, tak akan lengkap rasanya jika tak mencoba wisata kulinernya. Wajib bagi pengunjung untuk mencicipi makanan khas di Malaysia. Untuk itu, jangan ragu untuk mencoba masakan nasi kandar tersebut. Anda dapat merasakan lezatnya nasi kandar di resto Nasi Kandar Kampung Melayu yang tiada tandingannya. Tempat wisata kuliner yang satu ini memang sangat terkenal akan kelezatan nasi kandar yang mereka sajikan.

Resto Nasi Kandar Kampung Melayu

Seperti halnya namanya, Nasi Kandar Kampung Melayu ini berada di Kampung Melayu. Meskipun hanya berupa kedai kecil, resto Nasi Kandar Kg Melayu ini tak pernah sepi pelanggan. Bisnis nasi kandar ini dimulai sejak tahun 1970. Sejak awal kemunculannya, resto ini sudah sangat mencuri perhatian wisatawan. Hingga kini pun masih banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mencicipi masakan nasi kandar di resto Nasi Kandar Kg Melayu ini.

Pengunjung akan selalu ramai memadati resto Nasi Kandar Kg Melayu, terutama saat akhir pekan tiba. Resto Nasi Kandar Kg Melayu tersebut pun selalu ramai didatangi pelanggan dari dalam maupun luar negeri. Bahkan Perdana Menteri yang bernama Datuk Seri Najib Tun Razak sempat mengunjungi resto best di Penang ini. Saat anda mengunjungi resto Nasi Kandar Kg Melayu tersebut, anda akan mendapatkan minuman dalam botol tanpa harus membayar alias gratis.

Usaha Nasi Kandar Kg Melayu ini dioperasikan oleh Abdul Nazir Abdul Razak (usia 58 tahun), bersama istrinya, Zainab Md Eusoff (usia 51 tahun). Resto ini mulai buka pukul 6 pagi hingga jam 1 siang setiap harinya. Bagi pelanggan yang tidak memiliki kesempatan untuk datang ke restoran di Kg Melayu, mereka dapat menikmati hidangan istimewa tersebut di Komplek Penjaja (MPPP) Desa Mawar, Farlim Air Itam. Tempat ini mulai beroperasi sejak pukul 4.30 sore hingga 10.30 malam.

Keistimewaan Nasi Kandar Kg Melayu

Menurut Zainab Md Eusoff, untuk menjaga kelezatan nasi kandar buatannya tersebut, mereka menggunakan daging sapi lokal. Selain itu, rahasia keistimewaan nasi kandar miliknya juga didapat dari banyaknya rempah-rempah dan bawang yang digunakan untuk membuat kuah karinya. Proses memasak untuk mempersiapkan makanan tersebut memang cukup lama sehingga harus bangun lebih awal sekitar jam 2 pagi. Restoran ini sendiri memiliki total 15 pekerja dan juga dibantu oleh 2 adik Zainab sebagai koki khusus. Menu nasi kandar ini sangat disukai Sultan Kedah.

Menurut Zainab, resep nasi kandar Kg Melayu ini adalah resep turun temurun. Resep ini awalnya dari generasi ayah mertuanya yang berasal dari Sri Lanka. Ayah mertua Zainab sebelumnya belajar dari seorang teman yang bekerja pada suatu restoran nasi kandar di Datuk Keramat sebelum membuka bisnisnya sendiri. Restoran menyediakan 15 menu makanan termasuk kari ayam, ayam ros, rendang daging, bendi rebus, kari kepala ikan, dan roti canai. Dalam satu hari, resto Nasi Kandar Kg Melayu berhasil menjual sekitar 700 porsi pada hari kerja.